Cara Menghemat Baterai Android itu Mudah dan Simpel

Cara Menghemat Baterai Android itu Mudah dan Simpel

Cara menghemat baterai android – Salah satu persoalan yang sering dihadapi oleh para pengguna Android adalah baterai yang sangat boros atau mudah habis dalam waktu singkat. Terutama untuk ponsel dengan versi lawas yang masih kurang ramah penggunan daya atau boros baterai.

Akan tetapi Kamu tidak usah khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami akan mencoba sedikit berbagi cara menghemat baterai Android, baik pada versi gingerbread, ICS, Jelly Bean, KitKat, hingga OS terbaru Android v5.0 Lollipop. Penasaran? Langsung saja untuk menjawab rasa penasaran Anda tersebut, simak cara menghemat baterai android berikut ini.

Baca juga tips memaksimalkan performa Android yang lain:

Beberapa Cara Menghemat Baterai Android Mudah

Cara Menghemat Baterai Android itu Mudah dan Simpel
Ilustrasi ikon baterai

1. Kurangi singkronisasi

Para pengguna android pastilah ingin selalu mendapatkan service dari Google dengan selalu tersinkroniasi melalui akunnya. Akan tetapi jika singkronisasi ini dilakukan secara berlebihan setiap hari, maka akan menyebabkan baterai ponsel menjadi sangat boros. Terlebih jika sinkronisasi tersebut ditambah dengan akun Facebook, Line, dan sebagainya. Maka dari itu kurangi sinkronisasi, caranya masuk ke Menu kemudian Setting dan disana terdapat singkronisasi yang dapat Kamu matikan.

2. Matikan NFC pada saat tidak diperlukan

Fitur NFC ini mungkin tidak terdapat pada semua handset Android, namun bila smartphone Android Kamu memiliki fitur NFC, alangkah baiknya fitur ini sebagai salah satu cara mengehemat baterai Android. Pada umumnya fitur NFC aktif secara default. Namun lama kelamaan fitur tersebut juga dapat mengakibatkan baterai ponsel Android cepat habis. Maka dari itu hemat baterai Android dengan cara mematikan NFC bila tidak diperlukan. Caranya masuk ke bagian Menu dan pilih more, disana terdapat fitur NFC yang bisa Kamu matikan dengan mudah.

3. Maksimalkan penggunaan baterry tool

Jika beberapa cara menghemat baterai Android  diatas belum membuahkan hasil, maka Kamu dapat memeriksa beberapa aplikasi yang memakan daya besar. Caranya langsung saja masuk ke menu Quick Setting pada bagian notification shade, setelah masuk ke bagian menu tersebut sentuh pada bagian ikon batterai, cobalah cari aplikasi yang menggunakan daya besar. Jika sudah ketemu, sentuh aplikasi tersebut dan pilih Force Stop.

Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai Android

Pada artikel aplikasi penghemat baterai Android sebelumnya, Upsgadget sudah menyampaikan beberapa aplikasi yang bisa Kamu gunakan untuk menghemat borosnya penggunaan baterai di ponsel Android. Cukup simpel saja, tinggal install, dan jalankan.

Itulah beberapa cara menghemat baterai Android yang dapat kami sampaikan. Sebenarnya masih ada banyak sekali cara menghemat baterai ponsel android. Kamu dapat mengikuti terus informasi tersebut melalui artikel-artikel yang akan kami posting dibeberapa kesempatan mendatang.

Kamu juga bisa melihat cara menghemat baterai yang ditulis di blog developer Android, yang dapat memberikan wasasan lebih jauh lagi untuk cara menghemat baterai Android.