5 Cara Mengatasi Android Lemot dengan Mudah

Cara Mengatasi Android Lemot – Sama halnya dengan perangkat komputer, semakin lama perangkat smartphone Android kamu gunakan, maka akan semakin membuat kinerjanya mengalami berbagai macam gangguan. Seperti lemot, lola (loadingnya lama), hang dan lain sebagainya.

Advertisement

Ada banyak sekali penyebab munculnya gangguan kinerja tersebut. mulai dari terlalu banyak menggunakan aplikasi, kapasitas RAM yang kecil, memori penyimpanan penuh dan lain sebagainya.

Nah bagi kamu yang mengalami masalah semacam itu, kamu tidak usah khawatir lagi. karena pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi tips mengenai cara mengatasi Android lemot, hang, ataupun loadingnya lama. langsung saja untuk mengetahuinya simak ulasan berikut ini.

5 Cara Mengatasi Android Lemot dengan Mudah

Ilustrasi lemot

5 Cara Mengatasi Android Lemot yang Bisa Kamu Coba

Cara Mengatasi Android Lemot tanpa Root

1. Hapus Cache Pada Memori Internal

Mungkin sebagian besar dari Anda mendengar cache kurang familiar. Cache sendiri merupakan sebuah wadah penyimpanan sementara berbagai data hasil olahan aplikasi smarphone Android Anda. memori tersebut semakin lama akan semakin penuh, hingga pada akhirnya menyebabkan Android menjadi lemot.

Maka dari itu untuk mengatasi Android lemot, hapus cache tersebut pada bagian memori internal. Jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara menghapusnya, maka Anda bisa menginstal aplikasi History Eraser. Karena aplikasi ini akan membantu mempermudah Anda dalam menghapus cache tersebut.

2. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Banyak sekali pengguna Android yang suka sekali memasang live wallpaper. Terutama bagi pengguna Android kaum wanita. karena dengan menggunakan live wallpaper ini, maka tampilan ponsel pintar kita akan lebih cantik dan indah. Namun tanpa Anda sadari sebenarnya pemasangan live wallpaper tersebut sebenarnya dapat memperlambat kinerja ponsel Anda.

Untuk mempercepat loading ponsel Android Anda, maka disarankan untuk tidak memasang live wallpaper saja. Anda bisa menggantinya dengan wallpaper sederhana dan simpel.

3. Jangan Menumpuk Obrolan dan Kontak

Semua pengguna Android pastinya tidak akan lepas dari aktivitas chatting atau obrolan dengan beberapa kontak yang ada di ponselnya tersebut. namun tahukah Anda jika obrolan dan kontak tersebut banyak sebenarnya dapat menyebabkan ponsel menjadi lebih lemot? Hal ini terjadi karena obrolan dan kontak tersebut memakan space memori yang besar pada ponsel. Terutama untuk memori internal. Baik itu obrolan di SMS, BBM, Line ataupun media sosial lainnya. oleh sebab itu atasi Android lemot Anda dengan cara mengurangi oborolan dan kontak tersebut.

Cara Mengatasi Android Lemot dengan Aplikasi

4. Instal Aplikasi di Memori Eksternal

Ketika kita memasang sebuah aplikasi di perangkat Android, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan terpasang di memori internal. Sehingga jika Anda semakin banyak menginstal aplikasi, maka memori internal akan semakin penuh dan menyebabkan ponsel Android menjadi lemot.
Untuk mengatasi Android lemot semacam ini, Anda bisa memindah pemasangan aplikasi ke memori eksternal saja. karena di memori eksternal tidak akan membuat perangkat Android Anda menjadi lemot.

5. Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

Terkadang ketika kita selesai menjalankan sebuah aplikasi tertentu, kita sering kali lupa untuk menutupnya. Padahal aplikasi yang masih terbuka tersebut dapat menyebabkan kinerja RAM menjadi lebih berat. Terlebih jika aplikasi tersebut berjalan dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, cobalah mempercepat ponsel Android dengan cara menutup aplikasi setelah digunakan.

Itulah beberapa cara mengatasi Android lemot. Agar Android bisa bekerja lebih cepat tanpa lemot, lebih baik Anda terapkan semua cara diatas. Sekian ulasan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan informasi Anda.

Advertisement