Now Reading
Waspadai 3 Tanda Android Terkena Virus
1

Waspadai 3 Tanda Android Terkena Virus

by PutraJuni 3, 2017

Perkembangan smartphone berbasis Android sudah menjamur di berbagai belahan dunia. Ponsel pintar yang memiliki banyak fitur canggih, dengan mudah membuat para konsumen tertarik untuk membelinya. Begitu juga di tanah air kita sendiri. Ponsel smartphone Android juga sudah memiliki pasarnya tersendiri.

Kepopuleran ponsel Android ternyata juga diikuti oleh ancaman kejahatan yang bisa menyerang ponsel pintar ini kapan saja. Menurut data banyak dari perangkat smartphone android ini yang terkena virus dan cukup menjadi masalah bagi konsumen. Tahun lalu sudah meningkat 300% dari tahun sebelumnya atas kejahatan virus ini.

Baca juga: 10 Aplikasi Wajib Android

Cara kerja virus malware ini sangat simpel, yaitu ketika program malware ini sudah terinstal pada ponsel, maka virus malware akan segera menginfeksi smartphone anda. Operasi virus malware tersebut secara tersembunyi dan tidak diketahui oleh pengguna dan Infeksi tersebut bisa berupa pencurian data pengguna atau pemakaian kuota internet yang tidak diketahui oleh pengguna ponsel Android tersebut.

Virus malware juga menggunakan berbagai cara agar tidak dideteksi oleh anti virus dari ponsel Android. Bisa juga dengan menjadi kloningan program lain agar benar-benar tidak bisa terdeteksi. Namun demikian pengguna ponsel pintar Android tidak perlu merasa khawatir dikarenakan munculnya virus malware seperti ini. Anda hanya perlu tahu gejala apa saja bila smartphone anda sudah terinfeksi virus malware.

Waspadai 3 Tanda Smartphone Android Terkena Virus

Ilustrasi

Berikut ini merupakan 3 tanda Android kena virus malware :

1. Baterai yang cepat boros

Bila ponsel pintar anda mengalami low bat padahal tidak ada sebab apapun pada ponsel anda, maka sudah bisa dipastikan ponsel Android anda terkena serangan virus. Biasanya virus menyerang dengan mengirim iklan terus-menerus sehingga memakan daya baterai.

Baca tips: Cara Menghemat Baterai Android itu Mudah dan Simpel

2. Gangguan pada saat panggilan

Pengaruh gangguan pada saat anda melakukan panggilan juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi yang disebabkan oleh virus. Gejala ini bisa dilihat saat melakukan panggilan telepon tiba-tiba mati, tapi bukan berarti virus bukan satu-satunya penyebab. Bisa juga karena jaringan operator yang bermasalah.

Baca juga: Aplikasi Sosial Wajib di Android Buat Kamu Makin Kekinian

3. Pemakaian data meningkat

Infeksi virus dapat juga terjadi dengan pemakaian data internet yang meningkat drastis. Bila pada ponsel anda terjadi pemakaian volume download dan upload membengkak, maka itu sudah merupakan pertandan bahwa ponsel pintar anda sudah terinfeksi malware.

Pencegahannya yaitu dengan memasang antivirus pada ponsel Android dan bila ingin memasang aplikasi lain di google play store, selalu perhatikan permission yang tertera sebelum penginstalan berjalan.

What's your reaction?
Love It
0%
Interested
0%
Meh...
0%
What?
0%
Hate It
0%
Sad
0%
About The Author
Putra
Blogger dengan passion di sistem operasi Android. Tutorial, trik, review aplikasi ditulis dengan hati dan semoga bermanfaat bagi pembaca :)
1 Comments

Leave a Response