Cara Menambahkan Video Ke PowerPoint

Cara Menambahkan Video Ke PowerPoint

Dalam sebuah sesi presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint kita kadang dituntut untuk manmpilkan sebuah video. Bahasan kali ini adalah mengenai menambah video ke PowerPoint. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Menambahkan Video Ke PowerPoint
Ilustrasi

Langkah-langkah Menambahkan Video Ke PowerPoint Mudah

Langkah 1: download serta install tool pada aplikasi yang bisa mengkonversi video ke dalam flash (SWF)

Langkah 2: lakukan sebuah konversi video yang ingin kamu bentuk dalam file video SWF dengan cara yang kamu ingin serta lanjutkan ke langkah yang ke 3.

Langkah 3: Buka Microsoft PowerPoint dan aktifkan the developer tab in the ribbon.

Langkah selanjutnya adalah klik pada start yang ada di Microsoft PowerPoint kemudian klik ‘”PowerPoint Options”’. Selanjutnya klik ‘”Show Developer Tab in Ribbon”’ kemudian kamu dapat melihat tab “Developer” baru di toolbar yang ada.

Langkah 4: Buat sebuah objek SWF di Microsoft PowerPoint. Kemudian tab “Developer” lalu selanjutnya klik “More Controls “. Selanjutnya gulir ke bawah dan beralih ke “Shockwave Flash Object” kemudian klik “ok”. Berikutnya buatlah sebuah gambar ataupun sebuah bentuk persegi panjang yang menggunakan sebuah mouse (dengan menggunakan cara ini maka akan menentukan sebuah ukuran video).

Langkah 5: Link up sebuah objek flash pada file video SWF Flash. Kemudian klik di “Properties” di dalam toolbar. Pada saat kotak dialog itu muncul, maka akan di temukan “EmbedMovie” serta ubahlah nilainya hingga menjadi “True”. Selanjutnya scroll ke bawah “Movie” serta lakukan paste pada path file film milikmu yang sudah dibuat secara lengkap dengan ekstensi file SWF. Selanjutnya pastikan bahwa di “playing” ini telah diset ke dalam kondisi “True” (default).
Sedangkan untuk dapat menyeting film yang sedang diputar dengan berulang-ulang, kamu bisa menyeting sebuah kontrol “Loop” hingga True (default) ataupun sebaliknya ke dalam kondisi “False”.

Langkah 6: Setelah kamu melakukan proses embedded hingga sukses maka selanjutnya simpanlah pada file bahan sebuah presentasi PowerPoint yang akan Anda buat tadi.

Selanjutnya untuk dapat melihat atau mereview sebuah video flash yang akan kamu embedded maka kamu bisa melihatnya dengan melalui sebuah tampilan slide PowerPoint. Dan selanjutnya ini dirasa telah selesai semua, maka kamu dapat menyimpan file PowerPoint yang sudah dibuat.