Efek Kecanduan Smartphone yang Perlu Anda Ketahui

Efek Kecanduan Smartphone yang Perlu Anda Ketahui

Efek Kecanduan Smartphone yang Perlu Anda Ketahui. Smartphone di era sekarang ini memiliki sisi positif dan negative juga. Di sisi positifnya smartphone memiliki banyak manfaat dalam kemajuan teknologi. Di sisi negatifnya, smartphone juga memiliki efek kecanduan pada setiap pemakainya. Efek ini timbul bila anda terlalu sering memakai smartphone ini.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Steven Pope, seorang psikoterapis dari Inggris, terhadap John Benson yang merupakan pasien tingkat parah kecanduan smartphone. Dia telah kehilangan semua hal miliknya, kehilangan pekerjaan dan kehilangan kekasihnya hanya karena smartphone tersebut. Hal ini membuat ia sadar bahwa perangkat smartphone tersebut pelan-pelan mulai menghancurkan hidupnya.

Dalam wawancara yang dilakukan BBC terhadap Benson, ia pada awalnya biasa saja saat menggunakan smartphone tersebut. Kemudian hal yang sering ia lakukan adalah bermain game dan mengunduh aplikasi-aplikasi tertentu dan juga musik yang bisa ia dengarkan dimanapun dan kapanpun. Ia mengira hal tersebut tidak membuatnya kecanduan.

Efek Kecanduan Smartphone yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

Baca juga:

5 Aplikasi iPad Wajib yang Harus Kamu Miliki

Game Memancing Untuk Android Terbaik

Waspadai 3 Tanda Android Terkena Virus

Setiap hari Benson mulai menghabiskan waktu dengan bermain smartphone miliknya dengan mengunduh ribuan aplikasi dan musik. Bahkan proses pengunduhan aplikasi dilakukan secara bersama karena ia tidak sabar untuk menunggu proses hingga selesai.

Benson mulai meninggalkan aktivitas sehari-harinya, seperti lupa makan, tidak mandi dan mencukur rambut, dan waktunya lebih banyak dihabiskan di rumah saja. Karena kegiatannya yang sibuk dengan smartphone miliknya, rumahnya pernah dimasuki oleh pencuri tetapi ia hanya memilih untuk bersikap acuh tak acuh saja terhadap masalah itu.

Tiga tahun sudah benson jalani dengan smartphone tersebut. Dan sudah 10.000 pound sterling atau sekitar 151 juta rupiah telah Benson habiskan untuk membeli aplikasi-aplikasi pada smartphone tersebut.
Benson sebenarnya sadar akan sifat kecanduan tersebut dan mencoba untuk meninggalkan perangkat smartphone tersebut. Tetapi hal tersebut tidak berhasil dilakukan, malah ia kembali membeli smartphone yang baru dengan alasan ia akan merasa lebih baik dengan smartphone di tangannya. Dan tangannya akan berkeringat bila tidak berhubungan dengan smartphone itu sekali saja.

Seorang psikoterapis yang menangani masalah pada Benson mengatakan bahwa smartphone merupakan pembunuh secara diam-diam. Karena bisa menjadi sangat kecanduan bila ada di tangan orang-orang yang mudah mengalami sifat kecanduan, terlebih perangkat smartphone ini sudah dijual bebas di pasaran.

Fenomena ini sudah banyak ditemukan di kalangan remaja hingga anak-anak yang sangat kecanduan terhadap smartphone. Agar anda terhindar dari efek kecanduan smartphone yang sangat merugikan sebaiknya anda menggunakan smartphone tersebut sewajarnya saja.