Cara Menghapus Virus di Android, Panduan Lengkap

5-Antivirus-Terbaik-Untuk-Melindungi-Android

Cara Menghapus Virus di Android, Panduan Lengkap – Jika kamu merasa ada aktifitas, program aneh di Android bisa jadi itu adalah virus. Untuk mengatasi virus yang menyebabkan Android lemot, bahkan hang ini, kamu sebaiknya segera mengambil tindakan.

Bagaimana cara menghapus virus dari Android – Ringkasan

5-Antivirus-Terbaik-Untuk-Melindungi-Android
Ilustrasi cara menghapus virus dari Android

Virus Android biasanya terinstall oleh aplikasi pihak ketiga. Semisal kamu menginstall game, atau aplikasi di luar Google Play Store. Untuk menghapus virus di Android ini, kamu bisa masuk ke Safe mode Android. Jika perlu, hilangkan juga administrator status di aplikasi tersebut, kemudian baru uninstall aplikasi virus/ malware ini. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah untuk menghapus virus di smartphone atau tablet Android di artikel ini.

Mengenali penyebab virus di Android

Langkah yang paling awal, tentu saja mengenali virus apa yang sedang “hidup” di Android. Coba teliti seperti apa tingkah laku virus/ malware, apakah muncul iklan mengganggu, muncul iklan pop-up, atau yang lain. Namun perlu juga kamu ketahui, Android yang error ini bisa juga tidak diakibatkan oleh virus, loh.

Cara agar Android tidak terkena virus dan malware

Semua virus Android yang ada di Android biasanya dibawa oleh aplikasi yang terinstall di smartphone atau tabletmu. Bila Androidmu tidak ada virusnya, sebisa mungkin hindari menginstall aplikasi di luar Google Play Store.

Langkah-langkah membersihkan virus di Android

Masuk ke Safe Mode Android

safe-mode-android
Ilustrasi safe-mode-android

Masuk ke Safe mode di Android. Dengan cara ini, aplikasi pihak ketiga akan berhenti berjalan, termasuk juga malware. Kebanyakan smartphone Android cukup dengan mematikan perangkat terlebih dulu, lalu menekan dan menahan tombol power dengan untuk masuk ke Safe Mode ini. Jika Android-mu belum bisa masuk ke Safe mode, kamu bisa tanya mbah google dengan mengetikan kata kunci: ” cara masuk  safe mode {nama hp/tablet Androidmu} ” , tanpa tanda petik. Misal kata kunci seperti ini:

Cara masuk safe mode samsung, cara masuk safe mode oppo, cara masuk safe mode xiaomi, cara masuk safe mode htc, cara masuk safe mode lenovo, dan yang lainnya sesuaikan dengan merk hp / tablet Android-mu.

Hapus aplikasi penyebab virus

hapus-aplikasi-penyebab-virus
Ilustrasi hapus-aplikasi-penyebab-virus

Buka menu Setting dan pilih Apps, lalu alihkan ke Downloaded tab. Jika kamu tidak mengetahui nama virus/ malware penyebab eror di hp/ tablet Androidmu, coba liht lebih jeli lagi apakah ada aplikasi yang tidak kamu kenal atau aneh. Segera hapus aplikasi virus / malware di Android itu, ya.

Hilangkan Device administrator status di aplikasi virus

device-administrator-android-apps
Ilustrasi device-administrator-android-apps

Keluar dari menu Apps tadi, lalu masuk lagi ke Setting > Security > Device Administrators. Disini kamu akan menemukan daftar aplikasi di hp atau tablet dengan status administrator. Segera uncheck kotak aplikasi yang ingin kamu hilangkan/ hapus, kemudian klik Deactivate di layar selanjutnya. Kamu sekarang bisa menghapus dengan mudah aplikasi di menu Setting > Apps.

Jika cara tersebut sudah dilakukan, sekarang kamu bisa menyalakan ulang / restart hp atau tablet Android untuk keluar dari Safe mode. Setelah memastikan Android sudah bisa berjalan normal, segera instal aplikasi antivirus untuk melindungi Android kamu jika sewaktu-waktu ada aplikasi yang membawa virus / malware yang berbahaya.

Aplikasi Anti Virus Android untuk mencegah infeksi virus kedepannya

Setelah virus berhasil dihapus, UPSGADGET sarankan untuk memasang anti virus Android agar hp / tabletmu mendapat perlindungan lebih baik lagi. Berikut ini beberapa aplikasi anti virus Android terbaik rekomendasi kami.

360 Mobile Security

Gratis bukan berarti tidak bagus. 360 Mobile Security menjadi antivirus yang bisa diandalkan untuk melindungi Android dari virus yang menjengkelkan. Download segera 360 Mobile Security via Play Store.

Avast! Mobile Security

Avast! dikenal sebagai anti virus Android gratis yang handal. Aplikasi ini bisa dengan muda memindai file di Android dan segera mendeteksi bila ada virus. Kamu bise mendapatkan Avast! Mobile Security di Play Store.

ESET Mobile Security & Antivirus

ESET sebelumnya sudah lebih dulu dikenal fasih melindungi komputer dari virus. Dengan versi mobilenya, ESET pantas kamu pilih untuk melindungi Android dari virus. Gratis download ESET Mobile Security & Antivirus.

Avira Antivirus Security

Siapa yang tidak mengenal Avira? Ya, antivirus ini sangat agresif mendeteksi virus di komputer. Jika kamu menginginkan perlindungan anti virus yang gesit, coba Avira. Download Avira Antivirus Security gratis melalui Play Store.

Itulah tadi beberapa tips untuk menghapus virus di Android. Semoga bisa bermanfaat, dan bila ada tambahan, saran mengenai artikel menghapus virus ini, tulis komentar di bawah, ya. Share dan like, sobat.

Topik

  • cara menghapus autorun inf di android
  • cara membuka kunci 360 security di tab
  • virus autorun di android