Cara Mengatasi Tombol Power Android yang Rusak

Cara mengatasi tombol power android yang rusak – Ada solusi yang bisa dilakukan saat Anda mengalami tombol power android yang rusak. Ketika hal ini terjadi pastinya pengguna perangkat canggih ini akan pusing sebab meski daya baterai ponsel sudah terisi penuh, namun karena tombol powernya rusak maka tetap tidak akan bisa menyala walau sudah dipencet sekeras mungkin. Kalau ponsel sudah tidak bisa dihidupkan kembali hanya karena tombolnya rusak, pastinya Anda juga tidak bisa membuka layar android. Untungnya ada tips yang bisa segera dicoba untuk mengatasi masalah tersebut.

Advertisement
Cara Mengatasi Tombol Power Android yang Rusak

Cara Mengatasi Tombol Power Android yang Rusak

Hal-hal yang bisa membuat tombol power android rusak alias mati

Hal paling umum yang bisa menjadi penyebab mengapa tombol power android Anda tiba-tiba rusak adalah biasanya karena jatuh. Benturan ke lantai yang keras ini dapat membuat hardware perangkat menjadi error lalu rusak. Perlu Anda ketahui bahwa smartphone android itu rentan sekali untuk rusak kalau sudah jatuh, bahkan tidak hanya tombol power yang kemungkinan mati, tetapi admin juga pernah mengalami sampai layarnya retak/pecah akibat tidak sengaja smartphone jatuh ke lantai ketika dipegang.

Kalau tombol power sudah mati, mungkin yang ada di pikiran Anda satu-satunya cara adalah membawa ke tukang servis. Jasa perbaikan perangkat android malah kadang bisa lebih mahal dibandingkan untuk beli ponsel baru, karena itu orang malas memperbaiki di layanan servis kalau garansinya telah habis. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memakai aplikasi dari pihak ketiga yang fungsinya adalah mematikan serta menghidupkan layar android tanpa perlu menekan tombol power. (Baca juga: Cara Restart Android Mudah Dengan Simple Reboot)

Dengan aplikasi ini nantinya fungsi tombol power akan dialihkan ke tombol volume yang tidak rusak tentunya, sedangkan untuk mematikan layar bisa dilakukan melalui notifikasi android. Agar lebih jelas aplikasi apa yang perlu untuk diunduh dan bagaimana langkah-langkahnya berikut kami berikan cara mengatasi tombol power android yang rusak.

Cara mengatasi tombol power android yang rusak dengan aplikasi Volume Power dan Volume Unlock

  1. Aplikasi Volume Power
  • Unduhlah aplikasi Volume Power langsung via Google Playstore.
  • Setelah diinstall, bukalah aplikasi tersebut kemudian centanglah pada bagian ‘boot’ serta ‘screen off’.
  • Dengan cara sederhana ini, tombol volume akan langsung bisa dipakai sebagai tombol power.
  1. Aplikasi Volume Unlock

Aplikasi ini kurang lebih hampir sama dengan aplikasi Volume Power, yaitu setelah mengaktifkan aplikasi ini maka fungsi tombol power bisa dialihkan ke tombol volume. Selain itu, untuk meredupkan atau mengunci layar maka pengguna bisa melakukannya lewat notification bar. Lakukan langkah berikut ini:

  • Unduhlah aplikasi Volume Unlock secara langsung via Google Playstore.
  • Setelah diinstall, aktifkan fungsinya dengan cara memilih ‘enable volume unlock’ sedangkan untuk mengunci layar android tinggal memilih untuk mengaktifkan fungsi ‘screen off’
  • Sebagai tambahan, Anda juga bisa memilih untuk menghidupkan atau mematikan android secara otomatis melalui fitur ‘auto on/off’ yang terletak di bagian bawah. Dengan fitur ini, maka ponsel android bisa dimatikan ataupun dihidupkan kembali secara otomatis sesuai dengan pengaturan waktu yang dapat disetting sesuka-suka Anda.

Itulah dua macam cara mengatasi tombol power android yang rusak dan aplikasi ini bisa langsung diinstall tanpa android perlu diroot terlebih dahulu. Manakah aplikasi yang mau dipilih, semua dapat bekerja secara baik sebagai solusi. Semoga bermanfaat.

Save

Advertisement