Penyebab Smartphone Cepat Panas

Penyebab Smartphone Cepat Panas – Tidak dapat dipungkiri smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Karena itulah banyak dari Anda yang selalu membawa smartphone kemanapun Anda pergi. Tentunya Anda juga menyadari saat-saat dimana smartphone tiba-tiba panas dengan cepat. Hal ini dapat terjadi kapan saja, baik saat smartphone sedang Anda gunakan atau saat perangkat tersebut tidak sedang digunakan. Seperti perangkat elektronik lainnya, suhu panas tidak terlalu cocok untuk smartphone Anda. Namun beberapa dari Anda tidak mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan suhu smartphone naik dengan cepat dan apakah kejadian itu normal atau tidak. Karena itulah pelajari beberapa hal berikut yang dapat menyebabkan perangkat selular Anda menjadi panas dengan cepat.

penyebab-smartphone-cepat-panas

Penyebab Smartphone Cepat Panas

  1. Prosesor yang canggih

Gadget memerlukan prosesor sebagai otak untuk membuat perangkat bekerja dengan baik. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya prosesor yang canggih akan membuat smartphone menjadi lebih cepat lagi. Namun perlu diketahui bahwa prosesor yang canggih tersebut sering kali menjadi penyebab smartphone Anda menjadi cepat panas.

Terlebih beberapa seri prosesor yang terlalu canggih namun sesungguhnya tidak compatible untuk perangkat mobile tetapi tetap dipaksakan penggunaannya. Contohnya adalah prosesor dual core untuk generasi pertama dari Intel Atom, serta prosesor dari Qualcomm jenis Snapdragon seri 615 dan seri 810 yang digunakan oleh smartphone Xperia Z3+ dari Sony. Prosesor tersebut memang sangat canggih dan kinerjanya pun sangat cepat, namun sayangnya suhu dari perangkat menjadi cepat panas pula terlebih saat Anda menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus.

  1. Charger smartphone

Penyebab lain yang membuat smartphone Anda menjadi cepat panas adalah charger perangkat itu sendiri. Tentunya Anda sering menyadari saat sedang mencharge perangkat maka smartphone tersebut meningkat suhunya dengan cepat. Hal ini disebabkan oleh charger smartphone yang memiliki daya cukup besar sehingga meningkatkan suhunya dengan cepat. Anda bisa perhatikan bahwa charger yang memiliki daya lebih dari 1,5 ampere sering kali membuat smartphone menjadi cepat panas. Biasanya charger seperti ini digunakan oleh smartphone yang memiliki fitur fast charging contohnya seperti smartphone Zenfone 2 dari ASUS, OPPO R5, serta Galaxy S6 dari Samsung (baca juga: Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 2 di Indonesia Terbaru).

Namun Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini jika memang charger yang digunakan adalah charger resmi bawaan dari perangkat itu sendiri karena tentunya pihak produsen sudah melakukan pertimbangan dalam hal ini. Namun jika Anda menggunakan charger tidak resmi yang bukan bawaan dari perangkat tersebut, segera cek apakah charger tersebut memiliki daya yang tepat untuk smartphone Anda. Karena menggunakan charger dengan daya yang tidak benar malah akan merusak perangkat yang Anda miliki.

  1. Penggunaan kamera

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan kamera yang terlalu lama juga akan membuat prosesor bekerja extra keras. Hal inilah yang kerap membuat smartphone Anda menjadi cepat panas terutama untuk perangkat Galaxy K zoom dari Samsung serta Xperia Z3+ dari Sony yang sering cepat panas setelah kamera digunakan melebihi waktu 5 menit.

  1. Tidak ada sinyal

Saat perangkat Anda tidak menerima sinyal, maka smartphone akan bekerja keras untuk mencari sinyal tersebut. Hal ini juga akan membuat perangkat menjadi cepat panas.

Demikianlah beberapa hal yang menjadi penyebab smartphone cepat panas, jadi Anda lebih tahu kenapa hal tersebut terjadi.