Alasan Baterai Smartphone Menurun Kualitasnya

Alasan Baterai Smartphone Menurun Kualitasnya – Memang secara normal semua peralatan elektronik termasuk baterai smartphone akan mengalami penurunan kualitas. Namun tetap saja terkadang baterai smartphone tersebut menurun kualitasnya lebih cepat dari waktu yang seharusnya. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu kinerja smartphone Anda, apalagi bagi yang selalu menggunakan perangkat secara terus menerus. Karena itulah lebih baik Anda mengetahui lebih lanjut alasan mengapa baterai smartphone tersebut menurun kualitasnya lebih cepat dari yang seharusnya. Dengan demikian Anda dapat menghindari penyebab turunnya kualitas baterai smartphone sehingga baterai jadi lebih tahan lama dan terjaga kualitasnya.

Alasan baterai smartphone menurun kualitasnya

alasan-baterai-smartphone-menurun-kualitasnya

  1. Overcharge dan kelebihan daya

Seperti kita ketahui mencharge baterai smartphone terlau lama walaupun sudah penuh akan membuat baterai cepat rusak. Karena itulah smartphone keluaran baru memiliki fitur yang mencegah baterai overcharge sehingga kondisi baterai dapat terjaga. Meskipun memiliki fitur ini, bukan berarti Anda bisa meninggalkan smartphone begitu saja dalam keadaan tercharge lama-lama. Karena saat listrik masih terhubung pada smartphone, maka otomatis perangkat akan terus menjaga agar daya baterai tetap 100%. Inilah yang membuat baterai semakin menurun kualitasnya.

  1. Kepanasan

Perlu diketahui bahwa kondisi ruangan yang terlalu panas juga dapat membuat kualitas baterai menjadi menurun. Apalagi jika suhunya sudah diatas 21 oC karena pada suhu diatas angka tersebut akan terdapat reaksi kimia dari dalam baterai. Reaksi kimia ini akan secara perlahan menghilangkan daya di dalam baterai hingga terkuras. Inilah yang membuat kualitas baterai semakin berkurang.

  1. Suhu rendah

Selain kondisi ruangan yang terlalu panas, ternyata suhu yang terlalu rendah pun tidak baik bagi kondisi baterai smartphone. Terutama jika suhu sudah berada di bawah 0 oC yang membuat daya dari baterai akan terus berkurang. Selain itu dengan adanya cuaca extreem di sekitar baterai, tentu akan membuat baterai menjadi cepat rusak.

  1. Lama tidak digunakan

Ada kalanya Anda menyimpan smartphone lama sekali dan tidak digunakan lagi. Hal ini akan sangat berpengaruh pada kondisi baterai di perangkat tersebut. Bahkan jika Anda hanya menyimpan baterainya saja tanpa terpasang pada perangkat, tetap tidak dianjurkan. Alasannya adalah pada suhu ruang baterai smartphone berjenis Li-Ion akan terus menyusut sebanyak 8% per bulan. Jika suhu meningkat maka penyusutan akan bertambah, demikian pula jika suhu terlalu rendah. Selain itu baterai yang lama tidak dipakai sampai daya yang terdapat di dalamnya kurang dari 20%, maka akan memasuki kondisi deep discharge. Jika hal ini terjadi, maka smartphone tersebut tidak akan sangat sulit untuk dinyalakan, bahkan baterai harus discharge melalui metode manual tidak menggunakan smartphone.

  1. Benturan

Seperti perangkat elektronik lainnya benturan yang cukup keras tidak baik untuk kondisi baterai smartphone sama halnya dengan perangkat itu sendiri. Apalagi jika baterai sampai berubah bentuk, membengkok, dan lain sebagainya. Tentunya akan langsung merusak baterai dan menurunkan kualitasnya. Karena itulah jangan menusuk, atau membenturkannya dengan cara apapun jika ingin menjaga kualitas baterai.

Ternyata cukup banyak hal yang tidak terduga namun dapat menurunkan kualitas baterai smartphone. Jika Anda ingin menjaga kualitasnya agar tetap prima, maka pastikan untuk menghindari hal-hal yang dapat menurunkan kualitas baterai smartphone. Jika Anda menggunakan perangkat secara normal maka baterai usia baterai akan normal juga (baca juga: Mitos Salah Aplikasi Android).