Tips Mencharge Baterai Smartphone Agar Cepat Penuh

Tips Mencharge Baterai Smartphone Agar Cepat Penuh – Mungkin Anda memperhatikan bahwa butuh waktu cukup lama untuk dapat mencharge baterai smartphone sampai penuh. Bahkan terkadang bisa berjam-jam lamanya sehingga Anda tidak sabar untuk menunggunya lagi. Meskipun ada banyak smartphone baru yang memiliki fitur fast charging tetapi tentunya masih banyak dari Anda yang menggunakan perangkat lama yang tidak memiliki fitur tersebut. Sesungguhnya ada beberapa trik yang bisa digunakan agar Anda dapat mencharge baterai smartphone supaya cepat penuh. Selain itu cara ini sebenarnya adalah langkah yang benar untuk mencharge baterai smartphone sehingga tidak hanya cepat penuh tetapi juga menjaga baterai tetap awet.

Advertisement

Tips mencharge baterai smartphone agar cepat penuh

tips-mencharge-baterai-smartphone-agar-cepat-penuh

  1. Menggunakan charger asli

Anda perlu mengetahui bahwa jika mencharge tidak dengan charger asli maka dapat beresiko merusak baterai smartphone. Terlebih jika Anda menggunakan charger yang memiliki daya yang tidak sesuai dengan smartphone tersebut. Hal ini dapat merusak baterai smartphone karena daya yang terlalu besar. Bisa dilihat akibatnya di baterai yang menggembung karena discharge menggunakan charger yang tidak sesuai. Karena itulah lebih baik mencharge baterai smartphone dengan charger asli. Selain itu menggunakan charger asli dengan daya yang sesuai proses mencharge baterai jadi lebih cepat.

  1. Gunakan mode airplane

Smartphone akan menggunakan daya baterai saat menyala, terlebih untuk memastikan koneksi tetap terjaga maka perangkat akan terus menerus mencari sinyal. Inilah yang membuat proses mencharge baterai menjadi lebih lama lagi. Karena itulah jika memang Anda ingin mencharge baterai dalam waktu yang lebih cepat bisa gunakan mode airplane saja. Dengan demikian smartphone tidak akan bekerja mencari sinyal dan tidak akan memakan daya baterai.

  1. Gunakan mode power saving

Untuk menjaga agar baterai smartphone lebih awet maka cobalah untuk menggunakan mode power saving. Selain menjaga baterai agar tahan lama, ternyata jika Anda mencharge baterai saat menggunakan mode power saving ini maka prosesnya menjadi lebih singkat lagi. Beberapa perangkat sudah memiliki mode ini sebagai fitur bawaan, dan bisa ditemukan di bagian setting. Namun jika memang smartphone Anda tidak memiliki mode power saving sebagai fitur bawaan maka bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master. Silahkan download aplikasi ini secara gratis melalui Google Store di link ini.

  1. Matikan aplikasi

Seperti diketahui untuk menjalankan aplikasi maka smartphone membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Karena itulah jika Anda ingin mencharge baterai smartphone agar cepat penuh, bisa mencoba mematikan semua aplikasi yang menyala terlebih untuk aplikasi yang tidak dipakai lagi. Hal ini juga dapat menghemat penggunaan daya baterai agar lebih awet lagi.

  1. Jangan memainkan smartphone

Memang kehidupan Anda tidak dapat dilepaskan dari penggunaan smartphone, namun lebih baik jangan memainkan smartphone saat sedang menchargenya. Karena memainkan smartphone tersebut akan membuat prosesnya menjadi lebih lama lagi.

  1. Matikan smartphone

Jika memang Anda ingin agar baterai smartphone dapat discharge lebih cepat, maka lebih baik matikan smartphone tersebut. Dalam kondisi mati maka smartphone tidak akan mengambil daya dari baterai. Dengan demikian tentunya lebih cepat lagi daya untuk terisi dan memenuhi baterai.

Demikianlah beberapa tips mencharge baterai smartphone agar cepat penuh semoga dapat membantu Anda agar dapat beraktifitas dengan lebih nyaman lagi (baca juga: Cara Mengamankan Percakapan Facebook Messenger).

Advertisement