Cara Mengakses Menu Test Rahasia di Android

Cara Mengakses Menu Test Rahasia di Android – Sebagai pemilik smartphone, tentunya Anda ingin mengetahui berbagai informasi dari perangkat yang dimiliki. Entah karena penasaran atau karena Anda ingin mengetahui kondisi perangkat sedetail mungkin. Sebagian besar informasi tersebut dapat Anda lihat di menu setting pada smartphone Android yang dimiliki. Namun informasi pada menu setting tersebut biasanya tidak terlalu mendetail sehingga beberapa dari Anda tidak cukup puas dengan informasi yang diberikan. Sesungguhnya ada cara lain yang bisa digunakan untuk melihat berbagai informasi di smartphone dengan lebih detail lagi. Apalagi metode ini sebenarnya adalah metode rahasia yang bahkan tidak dituliskan di buku petunjuk penggunaan smartphone Android itu sendiri.

Cara mengakses menu test rahasia di Android

cara-mengakses-menu-test-rahasia-di-android

Yang harus Anda lakukan jika ingin mengakses menu test rahasia ini adalah dengan membuka menu dial di perangkat yaitu dengan menekan icon call. Selanjutnya masukkan kode *#*#4636#*#* untuk membuka menu test rahasia. Pada beberapa perangkat kode yang harus dimasukkan bisa berbeda terutama di bagian *# dan #* tersebut, karena itulah jika kode pertama tidak berhasil Anda bisa mencoba memasukkan kombinasi kode yang lain misalnya: *#4636# atau *#4636#* dan sebagainya. Setelah mengetikkan kode tersebut tidak perlu menekan tombol apapun karena smartphone akan secara otomatis membuka menu test rahasia tersebut. Mungkin pada beberapa perangkat Anda harus menunggu beberapa saat sebelum menu terbuka.

Ada beberapa menu yang akan Anda dapatkan di halaman test rahasia tersebut yang bisa memberikan informasi berbeda dari perangkat Anda. Berikut adalah beberapa menu yang biasanya terdapat pada halaman test rahasia:

  1. Phone Information: pada menu ini Anda dapat melihat IMEI dari perangkat yang akan sangat berguna jika smartphone tersebut baru dibeli sehingga bisa dicek dari menu ini. Ada juga informasi lain tentang ponsel Anda seperti kekuatan sinyal, lokasi, informasi data mobile, serta mobile network yang digunakan. Anda juga dapat melakukan ping ke host melalui menu ini.
  2. Battery information: pada menu ini Anda dapat melihat informasi lebih detail mengenai baterai dan penggunaannya. Ini sangat bermanfaat bagi Anda untuk mengetahui apakah baterai tersebut masih dalam kondisi baik atau tidak. Anda juga dapat melihat lamanya waktu yang telah berlalu saat terakhir kali perangkan direbooth.
  3. Usage Statistics: pada menu ini Anda dapt melihat aplikasi apa saja yang baru saja menyala dan berapa kali aplikasi tersebut dinyalakan. Bahkan saat Anda sudah menutup aplikasi tersebut datanya masih akan tercantum di statistik ini. Anda dapat mensortirnya berdasarkan lamanya penggunaan aplikasi, berapa kali aplikasi menyala atau nama aplikasi itu sendiri. Menu ini sangat berguna untuk mengetahui apakah ada orang lain yang membuka aplikasi tanpa seizing Anda.
  4. Wi-Fi Information: pada menu ini Anda dapat melihat berbagai informasi mengenai Wi-Fi seperti API, configurasi serta statusnya. Anda juga dapat memutuskan network atau bahkan mendissablenya melalui menu ini. Anda juga dapat melakukan ping ke host melalui menu ini.

Ternyata banyak juga informasi yang dapat ditampilkan di menu test rahasia dari perangkat Android Anda. Jika Anda dapat menggunakan informasi tersebut dengan baik, maka akan banyak manfaatnya. Terutama bagi Anda yang perlu untuk mengecek kondisi baterai apakah masih baik atau sudah mulai menurun kualitasnya (baca juga: Alasan Baterai Smartphone Menurun Kualitasnya).

Topik

  • *#4636#*#*
  • cara lain *#*#4636
  • cara menggunakan *#*#4636#*#*
  • cara testing *#*#4636#*#*
  • trik di *#4636#