Rahasia Dibalik Harga Smartphone Murah buatan China

Seperti kita ketahui smartphone buatan China merebak di seluruh penjuru dunia dan menjadi terkenal. Bahkan posisi 10 besar pasar smartphone banyak didominasi oleh produsen smartphone dari China. Kesuksesan tersebut tentunya didukung oleh harga jual ke pasar yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga jual perangkat dari produsen Amerika ataupun Korea yang juga termasuk dalam posisi 10 besar tersebut seperti Apple dan Samsung. Namun bagaimana bisa produsen smartphone dari China menjual harga perangkat yang mereka buat dengan harga yang begitu murah dibandingkan produsen luar lainnya? Ternyata ada beberapa rahasia penting dibaliknya.

Advertisement

Rahasia Dibalik Harga Smartphone Murah buatan China

rahasia-dibalik-harga-smartphone-murah-buatan-china

  1. Melimpahnya bahan baku

Seperti kita ketahui daratan China memang sangat luas, dan di area tersebut ternyata juga banyak ditemukan bahan baku khususnya untuk pembuatan smartphone. Anda harus ketahui bahwa di China terdapat 17 bahan baku langka di dunia, dan hebatnya 16 dari bahan baku tersebut digunakan dalam pembuatan sebuah smartphone. Tentunya China tidak perlu repot-repot mengimport bahan baku dari negara lain karena semua sudah tersedia di negara sendiri. Dengan kegigihan mereka, bahan baku tersebut ditambang bahkan diolah menjadi bahan jadi di negeri sendiri. Tentunya hal ini membuat harga produksi smartphone buatan China menjadi lebih murah sehingga harga jual pun jauh dibawah produsen lain yang harus mengimport bahan langka tersebut dari China.

  1. Tenaga melimpah dengan upah murah

Seperti kita ketahui China memiliki populasi penduduk paling banyak di dunia, tidak heran jika tenaga kerja yang ada pun berlimpah. Selain itu upah yang dikeluarkan untuk mempekerjakan tenaga kerja tersebut juga paling murah di dunia karena banyaknya populasi tersebut. Tentunya hal ini lagi-lagi membuat biaya produksi menjadi lebih murah. Hal ini pulalah yang membuat banyak produsen luar yang ramai-ramai membangun pabrik mereka di negeri tirai bamboo tersebut.

  1. Marketing online yang murah

Untuk urusan marketing kebanyakan produsen China menggunakan media social dan cara online lainnya untuk memasarkan produk mereka. Tentunya biaya marketing yang harus dikeluarkan pun menjadi sangat minimum jika dibandingkan produsen smartphone lain yang harus menyewa artis terkenal untuk mempromosikan produk mereka.

  1. Toko online

Lagi-lagi strategi dengan modal internet, dibandingkan dengan Apple atau Samsung yang memiliki toko fisik di seluruh dunia yang tentunya menghabiskan biaya tidak sedikit untuk membuatnya, produsen China lebih mengandalkan toko online yang dapat diakses dari penjuru dunia. Karena harganya yang murah, startegi penjualan dengan toko online tetap membuat smartphone yang dijual laris manis bahkan diimport ke seluruh dunia.

  1. RnD minimum

Strategi yang banyak dilakukan oleh produsen smartphone China adalah untuk mengikuti teknologi yang sudah ada. Karena itulah mereka tidak memerlukan biaya untuk RnD dalam produksi smartphone mereka. Bisa dilihat bahwa kebanyakan smartphone produksi China tidak memiliki hal baru dalam perangkat yang mereka buat walaupun mereka memastikan smartphone tersebut lebih baik dari yang sudah ada. Meskipun demikian beberapa produsen smartphone China sudah mulai sadar tentang pentingnya RnD sehingga mereka mulai mengalirkan dana lebih ke bidang ini seperti pada produsen Huawei dan OPPO.

Itulah rahasia dibalik harga smartphone murah buatan China yang sebagian memang menjadi keunggulan dari negara tirai bamboo dibandingkan dengan negara lainnya (baca juga: Aplikasi Password Manager Android Terbaik).

Advertisement