5 Masalah Layar Smartphone dan Solusi Mengatasinya

Tidak dipungkiri bahwa yang namanya smartphone android itu rentan terhadap berbagai resiko kerusakan, apalagi pada layarnya yang berdesain touchscreen atau layar sentuh. Hampir semua ponsel android saat ini memakai tipe layar tersebut dimana amat sensitif dan mudah rusak kalau kita sebagai pengguna tidak hati-hati.

Advertisement

Ada banyak masalah yang bisa terjadi pada layar android kamu, kadang malah disebabkan tidak hanya karena ponsel jatuh tetapi tiba-tiba layar mendadak hang atau error. Biasanya orang akan langsung membawanya ke tukang servis, namun sebaiknya sebelum memutuskan hal tersebut coba kalian cek apa saja hal yang bisa terjadi pada layar smartphone kamu dan solusi yang dapat dilakukan di bawah ini.

Baca juga: Cara Menyadap Android Orang Lain

5 kerusakan yang bisa terjadi pada layar touchscreen android yang harus diwaspadai

Dead pixel

Layar sentuh yang mengalami masalah ini akan menyala tidak normal dan pada tampilan akan nampak seperti noda atau bercak hitam dikarenakan ada beberapa pixel yang mati. Hal ini tidak boleh dibiarkan, mungkin pada awalnya hanya sebagian kecil saja yang mati, tetapi lama kelamaan bisa menyebar dan mengenai seluruh layar sehingga layar akan rusak total.

Solusi: Kalau memang ponsel android kamu mengalami masalah seperti ini, cobalah diatasi dengan aplikasi bernama Pixel Fixer dimana akan membantu untuk merangsang layar agar dapat merespon seluruh warna yang ditampilkan.

Touchscreen kurang sensitif

Hal ini memang sepertinya sering dialami oleh para pengguna smartphone android, yaitu ketika disentuh, layar menjadi kurang sensitif. Masalah tersebut dapat terjadi karena lagging akibat dari ponsel yang kepanasan alias overheat.

Solusi: Jalan keluarnya sederhana, cukup dengan mematikan ponsel androidmu selama beberapa saat, kemudian setelah mendingin bisa dinyalakan kembali.

Ghost Touching

Kenapa dinamakan Ghost? Karena masalah ini menyebabkan layar ponsel tiba-tiba berjalan sendiri tanpa disentuh. Bukan sulap bukan juga sihir, tapi penyebabnya bisa karena arus listrik berlebih yang berjalan di layar panel ponsel ataupun LCD mengalami kerusakan. Mungkin kamu mengisi daya baterai ponsel dengan charger rusak maupun bisa juga karena tegangan listrik yang terlalu tinggi.

Solusi: Solusinya mudah, jangan suka mengisi daya baterai ponsel dengan charger bukan bawaan aslinya. Kalau ini keseringan dilakukan nanti hp kamu bisa lama-lama makin rusak.

Flickering

Ponsel android dengan layar sentuh yang mengalami kerusakan flickering maka layar akan nampak seperti berbayang. Hal tersebut bisa terjadi karena disebabkan oleh aplikasi yang kamu unduh misalnya.

Solusi: Cara mengatasinya cukup mudah, temukan aplikasi yang menjadi penyebab flickering dan uninstall saja. Contoh aplikasi yang mungkin dapat menyebabkan kerusakan seperti ini seperti aplikasi gim atau kamera yang memerlukan auto brightness.

Baret

Nah, kalau yang satu ini merupakan masalah paling familiar yang sering dialami oleh para pengguna smartphone android ataupun ponsel-ponsel lain dengan desain layar sentuh. Layar yang rusak akibat baret sana dan sini, bisa terjadi karena kuku-kuku jari kita atau benda tajam.

Solusi: Untuk mencegah serta mengatasi hal ini cukup dengan memasang proteksi pada layar smarphone kamu misalnya dipasangi screen protector. Namun, kalau sudah terlanjur banyak goresan, coba hilangkan dengan pasta gigi. Cukup kamu beri pasta gigi pada goresan-goresan di layar, tunggu sebentar lalu dilap dengan kain basah microfiber. Ulangi sampai tiga kali dan lihat hasilnya.

Itulah 5 hal yang bisa terjadi pada layar sentuh smartphone kamu beserta dengan solusi yang dapat dilakukan ya sobat upsgadget.

Advertisement