Cara Menyembuhkan Android Mati Total

Smartphone mati total? Jangan khawatir, cukup lakukan ini – Bagi para pengguna smartphone mungkin pernah mengalamai berbagai macam masalah pada ponsel pintarmu, termasuk yang namanya mati total mendadak. Saat hp tiba-tiba mati total seperti ini tidak perlu bingung, sebab kamu dapat melakukan pertolongan pertama agar ponsel menyala kembali. Jadi, sebelum dibawa langsung ke tukang servis nun jauh di sana yang mahal, lebih baik coba cara-cara di bawah ini ya. (Baca juga: Game Android Sepak Bola Terbaik yang Wajib Dimainkan)

Advertisement
Cara Mengatasi Smartphone Mati Total

Cara Mengatasi Smartphone Mati Total

Cara mengatasi smartphone mati total yang bisa dicoba

Tips mengatasi smartphone mati total dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Cek baterainya terlebih dahulu

Cara ini adalah hal pertama yang biasanya orang lakukan ketika smartphone tiba-tiba mati sendiri seperti tanpa sebab. Kalau kamu punya handphone android yang baterainya dapat dilepas alias removable, cukup buka bagian belakang ponsel untuk mengecek dan lepaskan. Kalau saat dilihat baterai ternyata menggembung berarti tinggal beli saja baterai yang baru. Mungkin seiring dengan perkembangan teknologi khususnya pada smartphone saat ini, masalah ini sudah jarang terjadi dan biasanya baterai bisa dalam keadaan seperti itu kalau sudah lama dipakai. Tetapi belum tentu tidak akan pernah terjadi lagi karena kita tidak tahu apa yang bisa terjadi ke depan.

  1. Cek kalau ternyata ada masalah pada charger

Biasanya smartphone mati total bisa disebabkan tidak hanya karena gadgetnya, tetapi rupanya charger juga dapat membawa masalah. Contohnya, saat ponselmu perlu discharge karena lowbat, tetapi setelah kamu charge dan tengok kembali ternyata hp tidak kunjung penuh baterainya. Bisa jadi hal tersebut karena chargernya yang rusak, so kalau mengalami kejadian ini cukup beli charger yang baru dan sesuai dengan merek dan seri ponsel kamu, atau cari charger lain dengan ampere yang setara.

  1. Ada masalah software yang bikin crash

Kalau ponsel kamu mengalami masalah pada softwarenya maka bisa menyebabkan terjadinya crash kemudian mati sendiri atau restart, dan lainnya. Solusi yang termudah adalah dengan reset factory atau jalan lain adalah dengan flashing firmware yang baru ke smartphone androidmu.

  1. Layar gak bisa nyala, padahal hp jelas-jelas hidup

Mungkin kalian sering mengalami hal menjengkelkan seperti ini, yaitu smartphonenya sudah jelas-jelas hidup tetapi tampilan layar seperti tidak menyala. Untuk memastikannya, kamu cukup menekan tombol power yang lama, kalau sudah hidup yang biasanya ditandai dengan getaran atau suara pembuka, tetapi layarnya tetap kelihatan mati berarti siap-siap saja bawa langsung ke tukang servis terpercaya atau tempat servis resminya.

  1. Cek kabel USB atau kabel chargernya

Tidak hanya bagian chargernya saja yang perlu dicek kalau-kalau hp kamu tidak bisa menyala lagi. Coba sekarang cek kabel USB atau kabel chargernya, karena bisa saja bukan kepala charger yang rusak tapi kabelnya yang rusak misalnya mengelupas sehingga tidak layak pakai lagi. Kamu tinggal ganti dengan yang baru agar bisa digunakan untuk mengecharge ponsel kamu secara normal kembali.

  1. Gawat kalau jatuh ke air

Nah, masalah satu ini mungkin disebabkan ketidaksengajaan atau kecerobohan, tapi hp mati total gara-gara jatuh ke air. Sebaiknya jangan langsung dinyalakan setelah jatuh ke dalam air, tunggu saja beberapa saat sambil ponsel berusaha dikeringkan sebab kalau langsung kamu tekan itu tombol power, maka bisa jadi malah smartphone akan korslet sehingga merusak ‘dalaman’ hp dan malahan akan makin parah rusaknya.

Demikian cara mengatasi smartphone mati total, sehingga kamu jangna khawatir dan coba dulu tips-tips di atas!

Advertisement