Cara Sembunyikan Folder di Smartphone Tanpa Aplikasi

Cara Sembunyikan Folder di Smartphone Tanpa Aplikasi – Tentunya Anda memiliki banyak sekali folder di dalam smartphone Android yang dipakai, mulai dari folder download, folder music, folder foto, dan lain sebagainya. Mungkin ada beberapa file di dalam folder tersebut yang ingin Anda lindungi isinya sehingga orang lain tidak boleh tahu meskipun sedang meminjam smartphone tersebut. Karena itulah coba untuk sembunyikan folder yang berisi file penting tersebut sehingga tidak dapat diketahui orang lain. Misalnya folder yang berisi video pribadi Anda tentunya tidak ingin sembarangan orang dapat mengakses video tersebut bukan? Inilah pentingnya dapat sembunyikan folder yang berisi video pribadi tersebut.

Advertisement

Cara Sembunyikan Folder di Smartphone Tanpa Aplikasi

cara-sembunyikan-folder-di-smartphone-tanpa-aplikasi

Sesungguhnya mudah saja untuk sembunyikan folder di smartphone Android Anda, terutama karena ada beberapa aplikasi yang dapat membantu melakukannya. Namun sayangnya beberapa aplikasi tersebut sering membutuhkan akses root yang tidak dimiliki oleh semua smartphone terutama bagi Anda yang yang tidak suka menroot perangkat. Selain itu tentunya menginstall aplikasi tambahan berarti Anda juga perlu menyisihkan penyimpanan di smartphone. Jika penyimpanan sudah mendekati limitnya, tentu hal ini sangat sulit untuk dilakukan karena masih banyak aplikasi penting lain yang lebih baik diinstal.

Tetapi Anda tidak usah khawatir karena sesungguhnya ada cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk sembunyikan folder di smartphone. Bahkan Anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun untuk melakukannya sehingga tidak membebani penggunaan memory perangkat. Untuk melakukannya cukup dengan mengikuti langkah berikut ini:

  1. Buka file explorer atau file manager apapun yang sudah disediakan oleh semua smartphone Android Anda.
  2. Buka settings kemudian cek “show hidden files”.
  3. Buat folder baru di tempat manapun yang Anda inginkan, tetapi kami sarankan untuk membuatnya di SDcard agar tidak memakan memory internal smartphone Anda. Biasanya SDcard juga memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar.
  4. Saat diminta untuk memberi nama folder baru tersebut jangan lupa menyertakan tanda titik “.” di depan nama folder misalnya “.hide”. Dengan demikian folder tersebut sudah disembunyikan.
  5. Pilih file foto, video, atau apapun yang ingin Anda sembunyikan kemudian pindah ke folder baru yang sudah dibuat tadi.
  6. Setelah selesai kembali ke setting dan uncek “show hidden files” agar folder yang disembunyikan tadi tidak terlihat.
  7. Jika Anda ingin mengaksesnya kembali di kemudian hari maka tinggal membuka setting dan cek “show hidden files” agar folder yang disembunyikan tadi menjadi terlihat.

Cukup mudah bukan cara sembunyikan folder di smartphone tanpa aplikasi tersebut. Kita hanya perlu memanfaatkan apa yang sudah disediakan oleh sistem Android itu sendiri karena biasanya folder yang memiliki tanda titik dan di hidden merupakan folder sistem yang sengaja disembunyikan oleh Android. Alasannya adalah untuk melindungi data yang terdapat di dalam folder sistem tersebut dari pengguna yang awam mengenai cara kerja Android. Karena itulah jika Anda menemukan folder lain yang sudah lebih dahulu di hidden pada SDcard Anda, jangan mengutak-atik atau mengubah isinya karena kemungkinan dapat merusak sistem dari Android itu sendiri. Tetapi Anda masih bisa membuat folder hidden sendiri dan mengubah isinya sesuai dengan keinginan karena folder yang Anda buat sendiri tersebut tidak termasuk bagian dari system (baca juga: Smartphone Mati Total? Jangan Khawatir, Cukup Lakukan Ini!).

Advertisement