Cara Menghemat Memori Android dari Foto WhatsApp

Salah satu media sosial chatting terpopuler saat ini adalah Whatsapp dimana kita bisa berbagai tidak hanya teks, tetapi juga file video dan gambar. Ini yang jadi masalahnya, karena setiap file gambar yang disharingkan lewat Whatsapp akan ter-save secara otomatis di storage. Kalau tidak dibuang dan menumpuk tentunya akan membuat memori semakin penuh. Kalau memilah mana yang harus dihapus hanya 3 sampai 5 foto tidak masalah, tetapi bagaimana jika foto yang harus dipilah ada ribuan?

Jangan khawatir, karena ada cara hemat memori ponsel android dari foto WhatsApp yang menumpuk. Dengan tips ini, kamu tidak perlu khawatir lagi kalau menerima banyak foto dari WA. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

Cara hemat memori ponsel android dari foto WhatsApp yang menumpuk dengan aplikasi Magic Cleaner

cara-hemat-memori-ponsel-android-dari-foto-whatsapp-yang-menumpuk

  1. Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah mengunduh aplikasi bernama Magic Cleaner for WhatsApp yang bisa langsung didownload lewat Google Playstore. Untungnya ukurannya tidak terlalu besar, hanya membutuhkan memori sekitar 9 MB saja.
  2. Kalau sudah didownload sekarang selesaikan proses installnya, setelah itu jalankan. Saat dibuka, nanti pada layar terdapat gambar seperti dokter atau babeh-babeh. Untuk memulai analisa foto-foto dari WhatsApp kamu, cukup tinggal tekan kepalanya. Di layar tersebut nanti juga terdapat berapa jumlah foto yang tersimpan pada storagemu.
  3. Saat analisa mulai dilakukan, kamu harus menunggu karena memang lamanya tergantung dari berapa banyak jumlah foto yang tersimpan. Sebagai catatat, aplikasi ini akan menganalisa per 500 foto tiap sesinya.
  4. Yang bikin aplikasi Magic Cleaner ini makin keren adalah, aplikasi ini mampu memilah dan mengklasifikasikan fotomu apakah penting atau tidak. Contohnya seperti memilah mana foto berupa Meme, kartun, maupun hanya screenshot. Tentunya, foto-foto yang dianggak tidak penting akan masuk ke dalam label “junk photos”
  5. Jika sudah dipilah-pilah, sekarang kamu tinggal memilih mana foto yang penting atau tidak dan mana yang mau dibuang. Setelah itu, cukup menekan icon gambar tempat sampah yang berada di sudut kanan bawah.
  6. Aplikasi akan menghapus semua foto-foto yang kamu pilih dan ingin dibuang, sedangkan foto yang tidak terpilih akan dikembalikan ke folder gallery. Setelah itu, jika masih ingin melanjutkna proses analisa dan membuang foto, cukup pilih ‘continue analysis’.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghemat memori kamu yang penuh akibat foto dari WhatsApp yang menumpuk. Dengan cara ini maka tidak perlu repot lagi membuka gallery, kemudian memilih satu per satu dari ribuan foto mana yang harus dihapus.

Kalau ingin menghapus semua file foto yang tersimpan, sebetulnya malah jauh lebih mudah. Tentu kamu tinggal membuka folder dimana WhatsApp image kamu tersimpan karena biasanya sudah otomatis masuk ke dalam satu folder. Dari situ tinggal dihapus saja foldernya, tetapi pastinya ada foto penting yang kamu ingin simpan, kan? Oleh karena itu, memakai aplikasi ini merupakan pilihan tepat.

Banyaknya memori yang terpakai entah karena chattingan, file foto, dan video yang disharingkan terkadang membuat WhatsApp jadi tidak bisa bekerja maksimal alias lemot. Jadi akan lebih baik kalau terkadang jika sudah penuh, hapus file foto dan video serta percakapan. Untuk percakapan sendiri bisa langsung dihapus dari opsi ‘clear conversation’. Semoga bermanfaat.