Agar Smartphone Tahan Lama, Hentikan Kebiasaan Ini Sekarang

Tentu saja smartphone Anda memiliki waktu penggunaannya sendiri. Namun ada beberapa kebiasaan yang bukannya membuat waktu penggunaan tersebut makin panjang namun tetapi malah menguranginya. Karena itulah sebisa mungkin tidak melakukan hal-hal yang jika dilakukan pada jangka panjang akan mengurangi waktu penggunaan smartphone Anda.

Banyak hal yang diakibatkan oleh kebiasaan tersebut yang mungkin tidak Anda ketahui sehingga terus dilakukan. Tenang kita akan memberi tahu beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari agar tidak merusak performa dan membuat smartphone Anda menjadi cepat rusak.

Hentikan Kebiasaan Ini Jika Ingin Smartphone Tahan Lama

 

Mengecharge semalam suntuk

Memang setelah digunakan seharian biasanya baterai smartphone Anda akan habis di malam hari. Namun jangan dibiasakan untuk mengechargenya semalam suntuk karena baterai bisa overcharge dan mengelembung. Apalagi sekarang kebanyakan perangkat menggunakan baterai yang tidak bisa diganti, tentunya ini akan mempengaruhi waktu penggunaan smartphone itu sendiri. Cobalah untuk menchargenya saat Anda masih belum tidur atau lebih baik menchargenya di pagi hari saat Anda sudah bangun dan sedang bersiap-siap. Matikan smartphone agar proses pengechargean lebih cepat atau gunakan aplikasi smart charging.

Charge dengan adaptor lain

Meskipun Anda tidak mengecharge smartphone tersebut semalaman namun jika Anda mencharge perangkat tersebut dengan adaptor lain yang bukan bawaan aslinya maka sama saja hasilnya. Adaptor lain kemungkinan memiliki tingkat voltase yang tidak sesuai dengan perangkat Anda sehingga membuat baterai overcharge atau sebaliknya membuat baterai tidak penuh-penuh.

Mengecharge setelah smartphone mati

Karena kebutuhan penggunaan smartphone maka sering kali Anda terus memaksakan menggunakan perangkat bahkan sampai baterainya habis total dan smartphone mati. Perlu diketahui bahwa kebiasaan ini membuat baterai Anda tidak tahan lama dan malah menjadi lebih cepat soak karena daya yang habis total. Karena itulah jangan menunggu sampai smartphone mati total, tetapi lebih baik mengechargenya pada saat sudah bersisa 20% atau maksimal 10% saja.

Tidak menggunakan casing tambahan

Tentu saja Anda boleh menaruh smartphone dalam tas kapanpun diinginkan. Namun perlu diperhatikan bahwa isi tas yang penuh sesak dapat membentur smartphone dan mengores kacanya. Meskipun Anda sudah menggunakan pelindung layar namun lebih baik untuk menggunakan casing tambahan sebagai perlindungan extra. Selain menjaganya di dalam tas agar tidak terbentur, namun juga dapat menjaga dari benturan jika tiba-tiba terjatuh.

Mencharge dalam casing tambahan

Memang menggunakan casing tambahan akan melindungi perangkat dari benturan dan gesekan sehingga lebih aman. Namun jika Anda menchargenya masih di dalam casing tambahan tersebut. Terutama casing yang tebal dengan berbagai tambahan aksesoris malah membuat perangkat menjadi cepat panas. Karena casing tersebut mengganggu sirkulasi dari smartphone Anda terutama jika berukuran tebal, maka lebih baik copot terlebih dahulu casing tambahan tersebut sebelum mencharge parangkat Anda.

Menggunakan smartphone di bawah matahari

Jika tidak terpaksa coba untuk menghindari menggunakan smartphone di bawah matahari. Hal ini karena sinar matahari akan menganggu ketajaman dari display smartphone Anda. Karena itu lebih baik untuk menggunakannya di tempat yang teduh serta menambahkan pelindung kaca yang gelap untuk menghalangi masuknya sinar matahari ke layar smartphone.

Karena itulah hentikan kebiasaan ini jika ingin smartphone tahan lama sehingga waktu penggunaan perangkat Anda jadi lebih lama.

Baca juga: Cara Membuat Android Lebih Ringan dengan Aplikasi Root Booster.