Tips Mengatasi Unsupported Game Android

Ada banyak game yang diluncurkan setiap hari, terutama karena pasar game Android sedang hangat-hangatnya saat ini. Karena itulah Anda mungkin sering merasa antusias saat menemukan game terbaru yang ingin dimainkan. Namun jika ternyata game tersebut unsupported pada smartphone yang Anda miliki, tentu rasanya sangatlah menjengkelkan.

Advertisement

Banyak hal yang menyebabkan smartphone Anda unsupported game tersebut karena OS yang berbeda, RAM yang kurang dan masih banyak lagi. Namun bukan berarti Anda harus menyerah dan tidak melakukan apa-apa karena game tersebut sudah unsupported oleh perangkat. Masih ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat menemukan unsupported game agar game tersebut dapat Anda mainkan.

Cara MengatasiĀ Unsupported Game di Android

hal-yang-dapat-dilakukan-saat-menemukan-unsupported-game

Auto setting

Setelah Anda mencoba untuk menginstall game tersebut dan membukanya pertama kali biasanya akan ada permintaan untuk auto setting dari game. Atau Anda bisa membuka bagian setting dan mengaktifkan fitur auto detect yang dimiliki aplikasi tersebut. Selanjutnya Anda tinggal menunggu sebentar karena fitur ini akan secara otomatis mendeteksi kemampuan dari smartphone Anda kemudian menyesuaikan settingan game agar tetap dapat dimainkan meskipun spesifikasi dari perangkat yang Anda miliki kurang. Biasanya game akan secara otomatis tersetting pada pengaturan minimal sehingga tetap dapat dimainkan walaupun smartphone Anda memiliki spesifikasi rendah.

Turunkan grafis

Jika memang game yang Anda install tidak memiliki fitur auto setting maka mau tidak mau Anda harus mensetting sendiri game tersebut secara manual. Perhatikan setting terutama di bagian effect dan animasi dan ganti ke setting paling kecil serta matikan saja animasinya agar game lebih lancer dimainkan. Pada bagian grafis turunkan kualitasnya ke setting paling rendah sehingga smartphone Anda masih bisa menjalankan game tersebut. Memang cara ini membuat gambar dan tampilan yang dihasilkan tidak maksimal, tetapi paling tidak Anda masih dapat memainkan game tersebut bukan.

Melakukan root smartphone

Mungkin langkah ini tidak banyak dilakukan namun sebenarnya jika smartphone Anda sudah ter-root maka ada banyak hal yang dapat diperbaiki sehingga Anda tetap bisa memainkan game unsupported tersebut. Misalnya Anda dapat menambah ram virtual dengan storage yang ada, atau dapat melakukan tweak sehingga GPU dapat berjalan dengan lebih optimal. Anda juga dapat memindahkan data game yang biasanya lumayan besar ke kartu SD sehingga menghemat penyimpanan internal.

Gunakan patch

Meskipun game asli yang ada di Play Store tidak dapat diinstall ke smartphone Anda, namun jangan putus asa karena sebenarnya masih bisa menggunakan patch dari game tersebut. Patch biasanya sudah dimodifikasi oleh pengguna agar dapat dimainkan oleh smartphone dengan spesifikasi berbeda. Patch ini memanfaatkan glinch yang ada pada aplikasi sehingga dapat dilakukan modifikasi. Namun tetap saja Anda harus menggunakan patch yang didapatkan dari sumber terpercaya. Jangan sembarangan menginstall patch dari sumber yang tidak jelas karena bisa saja patch tersebut bukannya diperbaiki glinchnya tetapi malah disusupi virus.

Gunakan update terbaru

Jika memang saat Anda mengecek game tersebut pertama kali ternyata game unsupported oleh smartphone maka coba cek kembali setelah developer melakukan update. Biasanya pada update terbaru akan makin banyak perangkat yang disupport oleh game tersebut.

Demikianlah hal yang dapat dilakukan saat menemukan unsupported game semoga Anda dapat memainkan game favorit.

Baca juga: Gaming Smartphone Terbaik yang Tahan Panas

Advertisement