Tips Memilih Prosesor yang Cocok untuk Smartphone

Saat akan membeli smartphone ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah prosesor yang digunakan. Sayangnya banyak yang tidak tahu prosesor mana yang baik untuk smartphone. Belum lagi terdapat banyak pilihan prosesor yang ada di pasaran berikut ini. Karena itulah pelajari tips memilih prosesor yang cocok untuk smartphone sebelum membeli perangkat baru.

Tips Memilih Prosesor yang Cocok untuk Smartphone

tips-memilih-prosesor-yang-cocok-untuk-smartphone

Pertama Anda harus mengetahui berbagai merk prosesor yang biasa digunakan untuk smartphone. Memang merk-merk ini sangatlah terkenal sehingga banyak yang binggung untuk memilihnya. Berikut ini tipe-tipe prosesor sekaligus kelebihan dan kekurangannya:

Intel Atom

Prosesor ini memiliki teknologi threading yang mampu mengolah proses dengan lebih cepat sehingga meskipun CPU smartphone baru menggunakan dual core tetapi kinerjanya dapat setara CPU 4 inti.

Qualcomm Snapdragon

Merk ini terkenal dengan chipset yang memiliki prosesor berkualitas, karena itulah banyak digunakan oleh berbagai jenis smartphone yang ada di pasaran saat ini. Selain kemampuannya yang baik, Qualcomm Snapdragon dengan cepat memberikan pembaharuan pada chipset mereka untuk memberikan prosesor yang lebih canggih lagi. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, sehingga tidak heran berbagai tablet dari kelas menengah sampai kelas atas menggunakan merk ini.

MediaTek

Banyak orang yang awalnya meragukan kemampuan chipset ini karena dianggap tidak mampu bersaing dengan Qualcomm Snapdragon. Namun dengan adanya teknologi System-on-Chip yang berkemampuan 64bit serta prosesor dengan quad core kemampuan MediaTek dianggap sudah mendekati saingannya tersebut. Selain itu loading yang mampu dilakukan oleh chipset ini jauh lebih banyak, apalagi harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau membuat chipset ini mampu bersaing di pasaran.

Nvidia

Prosesor ini sangat cocok untuk smartphone gaming karena inti dari prosesor benar-benar efektif dalam bekerja. Pada saat menjalankan game berat semua inti akan aktif namun jika tidak dibutuhkan maka hanya satu inti saja yang aktif.

OMAP

Prosesor dengan merk OMAP memiliki kemampuan baik sehingga banyak digunakan oleh smartphone kelas atas. Daya yang dibutuhkan prosesor ini juga sedikit sehingga baterai lebih awet dan kecepatannya juga tinggi.

Exynos

Prosesor ini dibuat secara khusus oleh Samsung untuk smartphone mereka, dengan kualitas yang baik prosesor ini mampu menyaingi kemampuan Qualcomm Snapdragon.

Memang dengan banyaknya merk prosesor yang ada saat ini, maka Anda akan bingung mana yang harus digunakan. Sebaiknya pikirkan terlebih dahulu kebutuhan dari smartphone tersebut. Misalnya jika Anda menggunakan smartphone tersebut untuk gaming maka disarankan untuk menggunakan prosesor seperti Nvidia, Intel, atau Qualcomm Snapdragon. Namun jika Anda menggunakan smartphone tersebut untuk aplikasi biasa saja dan menginginkan harga yang lebih terjangkau maka coba untuk menggunakan prosesor MediaTek.

Hal lain yang membinggungkan saat harus memilih prosesor adalah intinya atau core. Memang banyak yang beranggapan bahwa lebih banyak core lebih baik. Namun jika Anda menggunakan smartphone tersebut hanya untuk hal yang ringan saja, maka core yang banyak tidak begitu berguna malah justru membuat baterai lebih boros. Core yang lebih banyak akan berguna jika Anda menggunakan smartphone untuk multitasking.

Tips memilih prosesor yang cocok untuk smartphone sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu memperhatikan kegunaan dari perangkat itu sendiri kemudian pilihlah prosesor yang sesuai sehingga smartphone menjadi lebih efisien (baca juga: Hal yang Dapat Dilakukan Saat Menemukan Unsupported Game).