Cara Menambah RAM Android yang Mudah dan Simpel

Cara Menambah RAM Android – Android saat ini menjadi sistem operasi mobile phone yang memiliki pengguna paling besar di seluruh dunia. Seiring dengan banyaknya pengguna Android tersebut, semakin banyak pula jumlah aplikasi yang tersedia untuk ponsel Android.

Advertisement

Sebagian aplikasi yang tersebut ada yang butuh RAM yang sedikit, dan ada pula yang membutuhkan RAM yang lumayan besar. Hal ini tentu saja tentu saja membuat Anda yang memiliki ruang RAM yang sediki kurang leluasa memainkan game atau aplikasi tersebut.

Baca juga: [UPDATE] Download Google Play Store 4.9.13 APK Terbaru dengan Material Design

Cara Menambah RAM Android yang Mudah dan Simpel

Salah satu cara yang bisa mengatasi masalah kekurangan RAM tersebut adalah dengan cara menambah RAM Android. Pengertian menambah ini bukan secara fisik atau hardware, namun menggunakan software atau aplikasi untuk perangkat Android. Game HD yang sebelumnya sulit untuk dimainkan karena kekurangan RAM dapat kembali dimainkan, walau tidak terlalu efektif karena faktor prosesor dan kartu grafis pada perangkat Android juga berpengaruh, cara memperbesar RAM Android berikut dapat Anda coba.

Cara menambah RAM Android menggunakan SDCard

Android memang dikenal sebagai OS mobile yang membutuhkan ruang RAM yang besar, karena saking banyaknya  aplikasi yang berjalan di background.

Tapi jangan kawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menambah RAM di Android. Anda hanya perlu mengikuti beberapa cara simpel berikut ini. Dengan cara ini Anda bisa menambah RAM Android hingga sebesar 4 GB.

Cara menambah RAM Android tanpa Root

Bila Anda tidak ingin menambah aplikasi pada perangkat Android, gunakan tips simpel berikut ini. Kami telah merangkum beberapa tips untuk memaksimalkan kinerja RAM Android.

Jangan gunakan animasi pada layar dan live wallpaper
Memang menggunakan animasi pada layar dapat mempercantik layar Android Anda. Namun dengan layar yang menggunakan live wallpaper ini, kebutuhan RAM perangkat Android Anda akan semakin membengkak.

Beberapa aplikasi atau game yang ingin Anda mainkan pun terhambat karena ruang kosong RAM sudah lebih dulu digunakan untuk digunakan untuk kebutuhan animasi layar ini. Jadi bagi Anda yang memiliki ruang RAM yang kecil, tidak menggunakan live wallpaper adalah salah satu cara agara kinerja Android ini tidak lemot.

Nonaktifkan jaringan data dan background service untuk menambah RAM
Aktifitas background dan proses sinkronisasi apps ini sangat banyak memakan RAM. Anda bisa menonaktifkan aktifitas ini di Android dengan menggunakan mode Pesawat Terbang saat membutuhkan RAM yang besar.

Menggunakan Android Booster FREE
Beberapa aplikasi tersedia di Play Store dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan kinerja RAM dan tidak membutuhkan root terlebih dulu. Salah satunya menggunakan aplikasi Android Booster FREE.

Dengan aplikasi ini Anda bisa menutup aplikasi yang tidak dibutuhkan dan memberikan efek memori tambahan secara instan. Satu hal yang paling penting lagi adalah aplikasi ini tidak membutuhkan root terlebih dulu dan aplikasi ini gratis.

Cara menambah RAM Android dengan Aplikasi


Cara menambah RAM Android yang paling efektif adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan di Android yang sudah root. Salah satu yang menjadi rekomendasi adalah menggunakan aplikasi RAM Manager Free. Dengan aplikasi ini kinerja perangkat Android Anda, seperti smartphone, tablet, atau perangkat Android yang lain dapat maksimal.

Beberapa fitur di RAM Manager Free:

  • Balance – Opsi yang membuat RAM Anda untuk optimasi terbaik, pilihan ini untuk penggunaan sehari-hari.
  • Hard gaming – Opsi yang menstabilkan RAM Anda untuk bermain game dengan kebutuhan RAM yang tinggi.
  • Clean memory – Membersihkan memori Android.
  • Memory Graph – Menampilkan informasi dari memori Anda.

Untuk menggunakan aplikasi ini, perangkat Android Anda harus dalam keadaan root.

Advertisement