Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Eksternal SD Card

Cara memindahkan aplikasi Android ke eksternal SD Card. Android kini menjadi smartphone yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Kemudahan dan lengkapnya fitur didalamnya membuat smartphone Android menjadi pilihan banyak orang.

Tidak seperti Blackberry, Windows Phone, atau iOS, Android adalah sistem operasi terbuka (open source) yang mana setiap orang boleh untuk menggunakannya, memodifikasi kode didalamnya, kemudian mengkomersilkan ulang sistem Android tersebut. Karena itulah kini muncul banyak sekali pilihan smartphone Android dengan harga yang murah hingga harga yang sangat mahal.

Dari Android yang memiliki spesifikasi harware yang tinggi, hingga fitur minim yang dipangkas sedimikian rupa sehingga hemat biaya produksi. Bila kamu memilih Android dengan hardware minimum, pastilah merasakan terbatasnya jumlah aplikasi yang diinstall di dalam smartphone Android. Bila tetap dipaksakan menginstall aplikasi di dalam ruang memori internal, bisa-bisa sistem Android akan lemot, dan aplikasi akan otomatis menutup sendiri.

Untuk mengatasi terbatasnya ruang kosong di memori internal tadi, kamu bisa memindahkan aplikasi Android ke eksternal SD Card. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini.

Cara memindahkan aplikasi Android ke eksternal SD Card Menggunakan Aplikasi

Cara yang mudah untuk memindah aplikasi adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bernama Link2SD. Tidak usah khawatir memori akan semakin sempit. Aplikasi Link2SD ini hanya berukuran 3,6 MB saja, sangat ringan. Selain ringan, aplikasi untuk memindah aplikasi ke SDCard ini kompatibel dengan hampir semua versi Android (minimal Android v2.1 Eclair). Jadi bila kamu sudah menggunakan versi Android diatasnya, seperti Gingerbread, Ice Cream, Jelly Bean, KitKat, atau Android L Lollipop, aplikasi ini akan berfungsi dengan baik.

Yang perlu diperhatikan adalah, Android kamu harus dalam keadaan root terlebih dulu, untuk mendapatkan hak super user. Bila belum di root, sayang sekali kamu belum bisa menggunakan aplikasi ini. Namun bila sudah, silakan lanjut untuk menginstall aplikasi Link2SD. Untuk menggunakan aplikasi pemindah aplikasi ke SDCard ini, download Link2D terlebih dulu.

Setelah terinstal, buka aplikasi Link2SD. Akan terlihat list semua aplikasi yang terinstall di dalam sistem Android.

Pilih aplikasi yang akan dipindah

 

Nah, sampai disini kamu tinggal memilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan dengan cara klik aplikasi yang bersangkutan. Akan muncul dialog baru. Pilih tombol Move to SD Card untuk memberikan perintah memindahkan aplikasi ke SDCard.

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Eksternal SD Card 2
Pilih tombol Move to SD Card

Setelah itu akan muncul jendela dialog konfirmasi untuk memindah aplikasi, pilih OK. Tunggu sampai proses memindah aplikasi ini selesai.

Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Eksternal SD Card 3
Tekan OK untuk melanjutkan proses memindah aplikasi ke microSD

Mudah bukan untuk memindahkan sebuah aplikasi dari memori internal ke memori eksternal SDCard. Namun perlu kamu ketahui bahwa sebagian aplikasi akan berkurang fungsinya bila dipindahkan ke memori eksternal. Salah satunya adalah fitur notifikasi. Menurut pengalaman kami, aplikasi yang membutuhkan notifikasi seperti Line, WhatsApp, atau Instagram tidak akan muncul notifikasi bila dipindah dari yang semula dari memori internal ke eksternal.

Cara Memperbesar Memori Internal Android Tanpa Partisi dan Tanpa PC

Selain untuk memindahkan aplikasi, Link2SD ini juga bisa melegakan ruang memori internal lho. Kok bisa? bisa banget. Untuk melegakan memori internal Android, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak diperlukan/ tidak penting di Android. Contohnya, aplikasi browser bawaan, aplikasi pendownload musik bawaan, antivirus trial, apps market bawaan, atau aplikasi bawaan Android yang kamu anggap tidak penting bisa dihapus. Tujuannya tidak lain untuk memperbesar memori internal agar lebih lapang. Selain memori internal yang semakin lapang, dengan menghapus aplikasi bawaan, kamu sekaligus menambah RAM Android.

Sebenarnya kata yang tepat bukan memperbesar memori internal, namun melegakan ruang memori internal di Android. Banyak pengguna Android yang sering salah dalam menyebutkannya, tapi it’s okay.

Berikut ini memperbesar memori Internal Android yang bisa kamu lakukan bahkan tanpa PC dan tanpa root. Buka aplikasi Link2SD, pilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus. Akan muncul dialog baru. Berbeda dengan memindah aplikasi ke SDCard, pilih tombol Action.

Cara Memperbesar Memori Internal Android Tanpa Partisi dan Tanpa PC
Pilih tombol Action

Akan muncul lagi jendela dialog yang baru, untuk menghapus aplikasi bawaan Android pilih uninstall.

Cara Memperbesar Memori Internal Android Tanpa Partisi dan Tanpa PC
Untuk menghapus aplikasi bawaan, pilih uninstall

Okay, itu tadi cara memindahkan aplikasi Android ke eksternal SD Card dan cara memperbesar memori internal Android tanpa partisi dan tanpa PC. Jika kamu suka dengan artikel ini, please like, comment, dan share facebook, twitter, atau google plus. :)

Topik

  • cara memindahkan aplikasi ke sd card tanpa root
  • cara memindahkan aplikasi bawaan ke sd card
  • cara memindahkan aplikasi bawaan ke kartu sd
  • cara memindahkan aplikasi bawaan android ke sd card
  • cara memindahkan aplikasi android ke sd card
  • memindahkan aplikasi bawaan ke sd card
  • cara memindahkan aplikasi ke sd card tanpa root tanpa pc